26 September 2010

Jalan-Jalan dengan Larasita Kabupaten Kotawaringin Barat

 

Sebagai perwujudan Larasita sebagai kantor Pertanahan bergerak, mobil Larasita Kantor Pertanahan telah melaksanakan beberapa kegiatan kantor Pertanahan salah satunya monitoring Hak Atas Tanah di Kabupaten Kotawaringin Barat. Sasaran monitoring pemberian hak adalah hak yang diberikan kepada badan hukum.  dan sampai dengan bulan September Larasita telah melakukan monitoring tergadap HGB PT. Sabut Mas abadi (Grup Medco), HGB PT. Kecubung Makmur dan HGU PT Sinar Indah Nusantara Pagi (Grup Astra).

 

Monitoring Hak atas Tanah ini dimaksudkan untuk memantau sejauh mana kesesuaian penggunaan dan pemanfaatan tanah dengan penggunaan dan pemanfaatan tanah berdasarkan SK Pemberian Hak yang diberikan. Selain itu monitoring dilaksanakan sebagai upaya untuk inventarisasi tanah terindikasi terlantar dalam rangka menertibkan tanah terlantar sesuai dengan amanat PP No. 11 Tahun 2010.

 

Pelaksanaan monitoring tersebut dilaksanakan oleh Seksi Pengendalian Pertanahan dan Pemberdayaan Masyarakat dan Seksi Pengukuran dan Pemetaan. Tim monitoring tersebut terdiri atas  Kasi Pengendalian Pertanahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P3M) H. Suardi, SE, Kasubsi Pengendalian Pertanahan Budi Lunary S, dan Kasubsi Tematik dan Potensi Tanah Doni Prasetyoadi, ST,MSi.

 

Pelaksanaan monitoring tersebut adalah salah satu usaha Kantor Pertanahan Kabupaten Kotawaringin Barat untuk mengoptimalkan dan memaksimalkan fungsi Larasita di tengah persolan RTRWP yang menghambat pelayanan sertipikasi di Kalimantan Tengah pada umumnya dan Kabupaten Kotawaringin Barat khususnya.

alt

alt

 

 

Penulis :Doni Prasetyoadi, ST,MSi. (Kasubsi Tematik dan Potensi Tanah Kantah Kotawaringin Barat)


Doni Prasetyoadi, ST,MSi