29 April 2011

Monitoring Pemberian HGU Kab Kotawaringin Barat 2011

Kantor Pertanahan Kabupaten Kotawaringin Barat dalam rangka melaksanakan amanat dalam PP No. 11 Tahun 2010 tentang Penertiban dan Pendayagunaan Tanah Terlantar pada tahun 2011 kembali melaksanakan identifikasi Tanah Terlantar dengan sasaran adalah lokasi-lokasi yang telah diterbitkan HGU untuk badan hukum.

Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya pengendalian pertanahan melalui pemantauan terhadap penguasaan, penggunaan dan pemanfaatan tanah dari HGU yang dimohon dengan meyesuaikan SK Hak yang telah diterbitkan. dengan demikian akan terlihat kemajuan/progress dan kemampuan sebenarnya dari pemegang hak untuk menggunakan dan memanfaatkan HGU yang telah diberikan. hasil dari proses ini dipergunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pemberian hak berikutnya (aspek pengendalian pertanahan dalam pemberian hak)

Sasaran lokasi dari kegiatan Identifikasi ini meliputi HGU atas nama PT Surya Indah Nusantara Pagi, PT Gunung sejahtera Ibu Pertiwi, Gunung Sejahtera Yoli Makmur (ketiganya Astra Grup) dan PT Wana Sawit Sbur Lestari. kegiatan identifikasi dilakukan mulai tanggal 1 April hingga 25 April 2011 dengan personi lsebagai berikut : H. Suardi, SE (Kasi P3M), Budi Lunary S (Kasubsi Pengendalian Pertanahan) dan Doni Prasetyoadi, ST,MSi  (Kasubsi Tematik dan Potensi Tanah) dan melibatkan Tim Larasita untuk mengoptimalkan Larasita sebagai Kantor Pertanahan Bergerak (Mobile Office)

Diharapkan dengan kegiatan ini upaya untuk mensejahterakan rakyat dan memberikan sebesar-besar kemamkmuran rakyat dari sumber daya tanah makin terwujud nyata


 

Doni Prasetyoadi, ST,MSi